http://tripwow.tripadvisor.com/tripwow/ta-074f-388e-fa04?ln maswin

Selasa, 30 September 2025

 

Sasaran Supervisi Akademik (SP Akademik)

Supervisi Akademik pada dasarnya bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas melalui pembinaan profesional guru. Sasaran utamanya mencakup:

1.  Peningkatan Kompetensi Guru

Kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

Guru lebih mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran.

2.  Perbaikan Proses Pembelajaran

Menjadikan pembelajaran lebih aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik.

3.  Peningkatan Kualitas Hasil Belajar

Dengan pembelajaran yang baik, capaian belajar siswa akan meningkat.

4.  Pembinaan Profesionalisme Berkelanjutan

Supervisi bukan hanya menilai, tetapi juga membimbing agar guru terus berkembang sesuai tuntutan kurikulum dan IPTEK.

 

Peran Supervisor Akademik

Supervisor akademik (biasanya kepala sekolah, pengawas, atau dosen pembimbing) memiliki beberapa peran penting, di antaranya:

1.  Peran sebagai Evaluator

Menilai pelaksanaan pembelajaran guru berdasarkan standar yang berlaku.

2.  Peran sebagai Konsultan/Pembimbing

Memberi saran, masukan, dan solusi atas kendala yang dihadapi guru dalam

proses belajar-mengajar.

3.  Peran sebagai Motivator

Mendorong dan menginspirasi guru untuk berinovasi, kreatif, dan percaya diri

dalam mengajar.

4.  Peran sebagai Fasilitator

Menyediakan sumber belajar, media, atau kesempatan pelatihan agar guru

dapat meningkatkan kompetensinya.

 

5.  Peran sebagai Kolaborator

Mengajak guru berdiskusi, berbagi pengalaman, dan bekerja sama dalam

merancang strategi pembelajaran.

 

Jadi, sasaran SP Akademik adalah meningkatkan mutu guru dan pembelajaran, sedangkan peran supervisor adalah membimbing, mengevaluasi, dan memfasilitasi guru agar berkembang profesional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar